Rumor Panas Jelang Kedatangan Galaxy Note III

Fino Yurio Kristo - detikinet
Senin, 29/07/2013 13:12 WIB

http://images.detik.com/content/2013/07/29/317/1dlm.jpg

Samsung bersiap menghadirkan phablet jagoannya, Galaxy Note III. Perangkat mobile dengan layar besar ini, yang adalah perpaduan antara smartphone dengan tablet PC, sepertinya akan menjadi handset flagship di samping Galaxy S4.

Galaxy Note III kabarnya dibekali spesifikasi sangat tinggi. Dan layarnya akan semakin besar untuk memuaskan para penggemarnya.

Seperti apa prediksi spesifikasi Galaxy Note III dan hal-hal lain seperti harganya? Berikut di antaranya yang dihimpun detikINET dari berbagai sumber.

1. Peluncuran Resmi Galaxy Note III

http://images.detik.com/content/2013/07/29/317/120830_3.jpg
Galaxy Note III dipastikan hadir tahun ini sebagai suksesor Galaxy Note II. Kapan tepatnya waktu peluncurannya?

Kemungkinan besar, Note III diperkenalkan secara resmi di pameran teknologi IFA 2013. Pameran elektronik yang berlangsung di Jerman ini termasuk yang terbesar di dunia.

CEO Samsung, J.K Shin kabarnya sudah memastikan Note III muncul di IFA yang berlangsung sekitar awal September. Lalu kapan waktu pemasarannya?

Sepertinya, Note III diplot pemasarannya pada sekitar bulan Oktober. Vendor asal Korea Selatan ini biasanya memang memasarkan produk tidak begitu jauh sesudah tanggal perkenalannya.


2. Banderol Note III

http://images.detik.com/content/2013/07/29/317/120934_6.jpg

Tentu para pengincar Note III penasaran dengan harganya. Hampir dapat dipastikan, banderol yang disematkan lumayan tinggi.

Yang pasti, lebih tinggi dari harga phablet pesaing seperti Huawei Ascend Mate atau ZTE Grand Memo. Wajar saja, Samsung saat ini lebih punya nama besar.

Maka, Note III mungkin dipasarkan di kisaran USD 700 atau Rp 7 jutaan. Sebagai catatan, Galaxy Note II dulu awalnya dilepas di pasaran dengan arga Rp 7,5 juta di Indonesia.


3. Layar Lebih Besar

http://images.detik.com/content/2013/07/29/317/121030_7.jpg

Galaxy Note II memakai layar seluas 5,5 inch. Galaxy Note III kabarnya akan mengusung layar yang lebih besar lagi.

Simpang siur informasi pun sempat terjadi mengenai seberapa besar layar Note III. Salah satu sumber menyebutkan Galaxy Note III memakai layar raksasa 6,3 inch.

Ada pula yang menyebutkan layarnya 5,9 inch.
Kabar terbaru, Note III mengusung layar 5,7 inch. Dengan resolusi sudah definisi tinggi seperti tren smartphone high end masa kini.

Kabar lainnya menyatakan Note III mungkin saja memakai layar fleksibel. Samsung memang sedang mengembangkan layar yang lentur sehingga bisa ditekuk. Julukannya Samsung Youm.


4. Spesifikasi Buas

http://images.detik.com/content/2013/07/29/317/121255_1dlm.jpg

Spesifikasi buas dipastikan menyertai kedatangan Note III. Malah kabarnya saat diluncurkan nanti, Note III berpotensi menjadi smartphone dengan spesifikasi terbaik di antara para rival.

Prosesornya octa core, RAM 3GB, dan kamera 13 megapixel. Kemudian layar full HD 1920 x 1080 pixel yang menjanjikan tampilan nan cemerlang.

Namun meski punya spesifikasi lebih tinggi, bodinya menurut bocoran lebih langsing jika dibandingkan dengan Galaxy Note II.

Kemudian, Note III hampir pasti menyediakan stylus seperti para pendahulunya. Dengan kemampuan yang semakin ditingkatkan.

Adapun sistem operasinya diduga kuat Android Jelly Bean versi terbaru, yaitu versi 4.3. Dengan kustomisasi user interface khas Samsung.


5. Bodi Metal atau Plastik?

http://images.detik.com/content/2013/07/29/317/121323_8.jpg

Samsung masih setia menggunakan bahan dari plastik termasuk di jajaran smartphone high end. Termasuk di Galaxy S4 yang saat ini adalah handset terbaik Samsung.

Namun karena para rival seperti HTC One memakai bahan yang lebih premium, Samsung dikabarkan mempertimbangkan material dari metal. Galaxy Note III dipercaya menjadi yang pertama.

Namun kabar lain menyebutkan Note III masih sama bahasa desainnya dari pendahulunya. Dan tetap memakai material dari plastik.

Mungkin Samsung masih percaya diri material plastik lebih unggul, misalnya lebih ringan dan mudah dibuka. Jadi mana yang benar? Kita tunggu saja.


Mudik Lebaran 1439H 2018